08.32
0
BUDHY HARYONO (drummer)

NAMA LENGKAP: Budhy Haryono
TEMPAT / TANGGAL LAHIR: Cimahi, 4 April 1962
AGAMA: Islam
TINGGI / BERAT: 160 / 50
AKTOR / AKTRIS FAVORIT: Benyamin S, Charlie Chaplin
DRUMMER FAVORIT: Jeff Porcaro, Steve Gadd, Vinnie Colauita, Chad Wackermann, Murry, Jimmy Manoppo
MUSISI FAVORIT: Pat Metheny, Jaco Pastorius, Joe Zawinul, Peter Gabriel, Jack Lesmana
JENIS MUSIK FAVORIT: Pop, Rock, Jazz
JENIS FILM FAVORIT: Drama, Action
HOBI: Musik, travelling

DEBUT TAHUN / SEBAGAI:
BAND SEBELUM / SELAIN GIGI: Jamrock (1981 - 1985), Krakatau (1985 - 1987), Karimata (1987 - 1989)
DISKOGRAFI:
Album GIGI - 2x2 (1997)
Album GIGI - Kilas Balik (1998)
Album GIGI - Baik (1999)
Album GIGI - Greatest Hits Live (2000)

Drummer yang Tertolong Pergaulan

Tak banyak pemain drum seperti Budhy Haryono, yang sekaligus menguasai beberapa alat musik. ''Mungkin karena saya orangnya gratil (jahil) kali, ya,'' ujar pria kelahiran Cimahi, 4 April 1962, ini.

Pada awal membentuk band, kelas satu SMP, Budhy memainkan gitar.

Tapi setelah melihat abangnya main dram ia langsung kepincut dan mencobanya.''Pertama main dram, saya sudah bisa single beat,'' ungkapnya bangga

Mulai dari sanalah Budhy menekuni dram. Tapi ia mengaku tak belajar pada siapa-siapa. ''Saya tertolong pergaulan,'' kata musisi yang pernah terpilih sebagai The Best Drummer di ajang LMC (Light Music Contest) 1985 ini.

Pergaulannya yang luas membuat ia berhasil bergabung dengan banyak band. Hal itulah yang menjadikannya tertantang untuk belajar membaca not. Budhy mengaku pernah kena batunya saat ber-jam session dengan Pra B. Dharma (pemain bas Krakatau) dan Bambang Nugroho. Saat itu ia demikian panik karena tak bisa mengimbangi permainan kedua musisi itu. ''Sampai-sampai keringat gue keluar segede-gede jagung,'' kenangnya dengan mimik sangat serius.

Bermodalkan buku tutorial dram pemberian Pra, mulailah ia belajar membaca. Kendati dengan susah payah, pengalaman itu telah menjadi cambuk baginya. Banyak yang mengakui kehebatan Budhy. Itu terbukti dengan banyaknya tawaran main atau bahkan bergabung membentuk sebuah grup. Misalnya, Trilogi, Jam Rock, bahkan Dwiki Dharmawan. Kendati demikian ketika akan bergabung dengan kelompok GIGI, tetap saja ia mengajukan lamaran. Demikian pula yang dilakukannya terhadap grup-grup lain semisal Karimata dan GIGI.

Sebelum bergabung dengan GIGI, ia mengaku sempat merasa menjadi penggemar berat lagu-lagu GIGI. Apalagi ia sudah kenal lama dengan Armand (vokal) dan Budjana (gitar). ''Saya juga pernah satu grup dengan mereka. Jadi, nggak lagi merasa canggung,'' kata pria lajang yang punya hobi jogging ini.

Pengagum Jeff Porcaro (dramer Toto, almarhum), Pat Metheny, Vinnie Colaiuta (sering mendukung Sting) dan Steve Gadd (dari GRP) ini mengaku kini sedang asyik dan enjoy main bersama GIGI. Sedang untuk kepuasan batin -- khususnya dalam bermain dan berimprovisasi -- ia merasa lebih mendapatkannya dalam kelompok Krakatau. ''Masalahnya, gara-gara spontanitas semacam itu pula banyak komposisi yang dibuat tanpa sengaja. Di situlah keasyikannya,'' kata pria yang pernah memakai baju seragam satpam dan pramuka ini ketika manggung.

Budhy Haryono Setup :
Pearl Master Custom Drums
Premier Drums (di-endorse waktu tur Kilas Balik)
Zildjian Cymbals
Paiste 2002 Cymbals
Vic Firth Drumsticks (sering juga pake produk sendiri)
DW 5000 Twin Pedal - detail
Neggy Mini Snare

A : MINI SNARE 10”
B : SNARE 14”
C : TOM 1 8”
D : TOM 2 10”
E : BASS DRUM 22”
F : TOM 3 14”
G : FLOOR TOM 16”
1 : HI-HAT 14”
2 : CRASH 18”
3 : CRASH 16”
4 : SPLASH 10”
5 : RIDE 22”
6 : CRASH 16”
7 : CHINA BOY 18”

0 komentar :

Posting Komentar

Saya sangat berterima kasih atas comment anda